13-6-1981: Detik-Detik Upaya Gagal Penembakan Ratu Elizabeth

kataSAPA.com

London - Sejarah mencatat pada13 Juni 1981 sebagai momen upaya penembakan gagal Ratu Elizabeth. Kala itu, sang Ratu Inggris menjadi target serangan senjata api yang dilakukan pemuda berusia 17 tahun.

Detik-detik mencekam terjadi 38 tahun silam, saat seorang pemuda memecah keheningan saatRatu Inggris yang tengah menunggang kuda dikerumunan massa upacaraTrooping theColourditembak dengan pistol replika.

Pemuda yang diidentifikasi sebagai Marcus Serjeant itumelepaskan enam selongsongkosong peluru ke arah Ratu Elizabeth sebelum akhirnya dibekuk oleh pengawal dan polisi.

Tembakan yang terjadisebelum pukul 11.00 waktu setempat, membuat kaget kuda Ratu. Beruntung iamampu menenangkannya dalam beberapa detik.

Ratu Elizabethpun meninggalkan Istana Buckingham 15 menitlebih awal. Dia menenangkankuda berusia 19 tahunyang telah ditunggangi sejak parade ulang tahunnyatahun 1969.

Prosesi itu kemudian dilanjutkan sesuai rencana, setelahRatu Elizabethkembali ke Istana Buckingham dengan rute yang samadengan pengamananlebih.

Pelaku Alami Gangguan Kejiwaan

Ilustrasi Foto<a href= Penembakan (iStockphoto)">

Pasukan keamanan khusus segera mencari tahu sumber tembakan dan berhasil meringkus Lewis, bersama dua temannya di lokasi kejadian. Akan tetapi, mereka ditangkap atas tuduhan perampokan bersenjata pada sebuah toko di dekat iring-iringan Ratu Elizabeth II.

Saat diinterogasi, barulah Lewis membeberkan tentang percobaan pembunuhan Ratu yang dilakukannya. Ia mengaku sebagai anggota sebuah organisasi sayap kanan bernama National Imperial Guerilla Army. Polisi kemudian menyimpulkan bahwa organisasi ini hanya akal-akalan Lewis saja, karena hanya memiliki tiga anggota.

Meski telah mengaku dan terdapat sejumlah bukti kuat, tuduhan pidana atas percobaan pembunuhan Ratu dibatalkan. Remaja yang akrab disapa CJ Lewis itu hanya didakwa atas pidana membawa dan mengeluarkan senpi di tempat umum, serta perampokan.

Ditambah lagi, dari hasil evaluasi psikologis, ia terbukti mengidap gangguan psikis yang semakin meringakan dakwaan hukumannya. CJ Lewis berfantasi bahwa ada 'seseorang' yang ia sebut sebagaiThe Snowmanyang memerintahkannya untuk membunuhRatu Elizabeth II.

Akhirnya, remaja itu dihukum penjara selama tiga tahun pada 10 Desember 1981.

New Zealand Heraldmengatakan, pihak berwenang khawatir insiden itu bisa membahayakan kunjungan Kerajaan Inggris ke Selandia Baru di masa mendatang.

"Lewis memang awalnya berniat untuk membunuh Sang Ratu," kata dokumen tersebut, dikutip dariStraits Times, Kamis 1Maret 2018.

"Namun ia tidak memiliki sudut pandang tepat untuk menembak atau memantik senapan api berkekuatan tinggi untuk menjangkau sasaran," imbuh pernyataan itu.

CJ Lewis meninggal bunuh diri di penjara -- atas kasus yang berbeda -- pada 1997, di usianya yang ke-33 tahun.

Upaya Pembunuhan Via Peledakan Bom

Ratu Elizabeth II setibanya di pusat perbelanjaan Lexicon saat berkunjung ke Bracknell, London, Jumat (19/10). Ratu Elizabeth menghabiskan sebagian waktu siangnya untuk mengunjungi department store. (HENRY NICHOLLS/ POOL/AFP)

Ada skema yang jauh lebih mengerikan selain tahun 1981, ketika Ratu Elizabeth meresmikan sebuah pangkalan minyak di kepulauan terpencil di Skotlandia utara, Kepulauan Shetland.

Itu adalah ulah dari The Troubles in Northern Ireland dan kelompok anti-Inggris IRA. Mereka menyelundupkan bom berdaya ledak tinggi ke fasilitas tersebut. Namun, detonatornya gagal menyala dan Ratu selamat.

Skema Kereta Kuda

Ratu Elizabeth II (AFP)

Sebuah rencana pembunuhan yang belum terungkap terjadi di Australia pada tahun 1970. Kala itu, kereta kuda yang membawa Ratu Elizabeth II menabrak sebuah batang kayu saat dia bepergian ke Lithgow, sebelah barat Sydney.

Seorang perwira polisi setempat mengatakan, pelakunya adalah kelompok ekstremis yang tidak diketahui identitasnya. Mereka meletakkan kayu melintang di rute perjalanan yag dilewati Ratu untuk menggulingkan kereta kuda dan menenggelamkannya ke tanggul.

Nyatanya, Dewi Fortuna berpihak kepada Ratu. Kereta kuda yang dinaikinya ternyata melaju terlalu lambat, sehingga kendaraan tersebut hanya terhempas sedikit.

Pembobolan Istana

(Foto:  AFP via Kapan Lagi) Ratu Elizabeth II

Ratu Elizabeth II berperan penting sebagai kepala Persemakmuran Inggris (The Queen of British Commonwealth Realm). Selama bertahun-tahun, jabatan ini membuat dirinya berada dalam lingkungan tak aman. Dia menjadi sasaran utama kelompok ekstremis dan orang-orang yangsakit mental.

Kasus lain yang menimpa Ratu terjadi pada tahun 1982. Seorang pria Inggris bernama Michael Fagan berhasil membobol masuk ke Istana Buckingham. Fagan sedang mabuk. Ia memanjat saluran pembuangan dan kemudian menerobos ke kamar tidur Ratu Elizabeth II.

Fagan dilaporkan duduk di ujung ranjang Ratu untuk mengobrol dengannya. Namun paada akhirnya, seorang staf kerajaan memergokinya dan menyuruhnya pergi dengan iming-iming sebotol whiskey.

Ketika diinterogasi, Fagan mengaku bahwa ia sangat terobsesi untuk bertemu dengan kepala negara.Karena itulah ia membobol istana dalam kondisi mabuk agar lebih berani menjalankan aksinya.

Insiden tersebut langsung dicap sebagaisalah satu pelanggaran keamanan kerajaan terburuk abad ke-20.

Ini bukan pertama kalinya seorang anggota keluarga kerajaan menghadapi bahaya di dalam kerumunan penonton.

Sebelumnya, Putri Annejuga pernah menjadi sasaran penembak. Pada 1936,Raja Edward VIIIjuga pernah dihadangpria dengan revolveryang berjarak setengah mil.

Pada tanggal yang sama tahun1886, Raja Ludwig II dari Bayerndilaporkan tenggelam di Danau Starnberg. Sementara pada 13 Juni1944 tercatat sebagaimomen saat V-1, peluru kendali pertama yang digunakan pada masa perang dijatuhkan di London, Inggris.

mastermedia.co.id

Genoa Datangkan Andreazzoli Gantikan Prandelli

mastermedia.co.id

Usai Dibantai Indonesia Setengah Lusin Gol, Pelatih Vanuatu Bilang Begini

mastermedia.co.id

Kalah Telak dari Indonesia, Vanuatu Ingin Tanding Ulang

mastermedia.co.id

Resmi Bertunangan, Lihat Video Momen-Momen Kebahagiaan Jessica Iskandar dan Richard Kyle

mastermedia.co.id

Iseng Remas Alat Kelamin Bule Wanita, Pria Ini Terancam 9 Tahun Penjara

mastermedia.co.id

Muzdalifah Pamer Barang Branded Hadiah Ulang Tahun dari Sang Suami

mastermedia.co.id

Disikat 0-6 oleh Indonesia, Vanuatu Ambil Hikmahnya

mastermedia.co.id

Dibantai Indonesia, Vanuatu Tidak Diperkuat Eks Timnas Australia

mastermedia.co.id

Pelatih Vanuatu Puji Performa Buas Beto

mastermedia.co.id

Kalah 0-6, Pelatih Vanuatu: Untung Tidak 0-10!

mastermedia.co.id

Gubernur Sulsel Harap PSBM Bisa Bantu Percepatan Pembangunan Ekonomi Masyarakat

mastermedia.co.id

Kelompok Informasi Masyarakat Dorong Ekonomi Kreatif

mastermedia.co.id

Hidup yang Sawang Sinawang ala Jogja dan Jakarta

mastermedia.co.id

Nggak Boleh Merantau Sama Orang Tua, Padahal Pengin Belajar Mandiri

mastermedia.co.id

Beto Goncalves Dedikasikan Empat Gol untuk Anaknya

mastermedia.co.id

Pelatih Vanuatu: Indonesia Harusnya Menang Lebih Besar

mastermedia.co.id

Bukan Marquez Apalagi Rossi, Rider Petronas Ini yang Start Terdepan di MotoGP Catalunya

mastermedia.co.id

Kantongi Ciri- Ciri Pelaku, Polisi Buru Perampok 6 Kg Emas di Tangerang

mastermedia.co.id

Hasil Kualifikasi Moto2 Catalunya: Dimas Ekky Pratama Start dari Posisi 24

mastermedia.co.id

Setnov Kembali Berulah, KPK Ultimatum Ditjen PAS Serius Benahi Lapas

mastermedia.co.id

Akselerasi 4G, Telkomsel Sebar Bonus Kuota Hingga 30 GB

mastermedia.co.id

Guru Besar Hukum University of Melbourne Protes BPN Ngutip Serampangan

mastermedia.co.id

‘Koboi BMW’ Yang Todongkan Pistol Ditangkap Polisi

mastermedia.co.id

Kredit Perbankan Diprediksi Stagnan, Perbaikan Ekonomi Tanpa Optimisme

mastermedia.co.id

Baru Dirilis, Toyota Glanza Sudah Terjual Lebih Dari 2.000 Unit

mastermedia.co.id

Timnas Brasil Diejek Suporter Sendiri, Ini Jawaban Tite

mastermedia.co.id

Franck Ribery Masih Berambisi Bermain di Klub Besar

mastermedia.co.id

Beto Quattrick, Indonesia Pesta Gol ke Gawang Vanuatu

mastermedia.co.id

Luar Biasa…Dimas Ekky Pratama Peringkat 10 Kualifikasi Moto2 Catalunya

mastermedia.co.id

Curi Ratusan Motor, Satu Pelaku Asal Lampung Ditembak Mati